Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam
Vol 11, No 1 (2020)

PERAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP SCHOOL WELL-BEING SISWA SMP DI KOTA YOGYAKARTA

Fauzi Rahman (Unknown)
Hafizh Zain Abdillah (Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan)
Ni Made Dita Iswary Sukadana (Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan)
Putri Cahyanti (Magister Psikologi Sains Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran kecerdasan emosi terhadap school well-being siswa SMP di Kota Yogyakarta menggunakan teknik analisa regresi linier terhadap 123 partisipan yang terpilih berdasarkan cluster random sampling. Pengukuran dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosi  yang memuat 36 aitem pernyataan (koefisien α Cronbach = 0,94) dan skala school well-being yang berisi 30 aitem pernyataan (koefisien α Cronbach = 0,95). Hasil analisa data menunjukkan nilai koefisien regresi (t) sebesar 3,723 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00 (p < 0,05) yang berarti bahwa kecerdasan emosional berperan secara signifikan terhadap school well-being siswa SMP dengan sumbangan efektif sebesar 12,83%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alqalb

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

This journal accepts scientific articles or research reports in general areas of psychology such as education, clinical, industrial and organizational, and religious social psychology. However, the main focus of this journal is the development of Islamic psychology so that this topic will dominate ...