JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol 2, No 1 (2020): JIPM

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN SETTING CANDI BOROBUDUR

Riyanto, Edi (Unknown)
Wibowo, Teguh (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)
Purwaningsih, Wharyanti Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan latar belakang budaya yang ada pada siswa di Indonesia.Oleh karena itu, hasil akhir dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang berupa Lembar Kerja Siswa matematika yang menggabungkan materi dan nilai budaya khususnya Candi Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan produk LKS Sekolah Dasar berbasis Etnomatematika dengan setting Candi Borobudur pada materi bangun datar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini  hanya meliputi tahap analysis, tahap design, dan tahap development. Penelitian ini telah menghasilkan Lembar Kerja Siswa yang mengintegrasikan Etnomatematika Candi Borobudur pada materi bangun datar yang valid. Kriteria kevalidan diperoleh dari penilaian 6 validator yaitu 2 ahli media dengan rata-rata 3,3, 2 ahli materi dengan rata-rata 3,4 dan 2 ahli pembelajaran dengan skor 3,5. Rata-rata dari keseluruhan penilaian yaitu 3,4 dengan kategori valid.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...