FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 3, No 1 (2020): Vol 3, No 1 Januari 2020

PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER

Haolah, Siti (Unknown)
Rohaeti, Euis Eti (Unknown)
Rosita, Tita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kematangan karier siswa SMP yang menerapkan bimbingan kelompok teknik role playing lebih baik dibandingkan dengan bimbingan kelompok teknik ceramah.  Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan nonparametric statistic melalui Uji t Test. Berdasarkan Uji t Test pada kelompok eksperimen, nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara data pre-test dengan data post-test kelompok eksperimen. Dengan demikian menunjukkan bahwa kematangan karier siswa SMP yang menerapkan bimbingan kelompok teknik role playing lebih baik daripada yang menerapkan bimbingan kelompok teknik ceramah.Kata Kunci: Kematangan Karier, Role Playing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...