eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 1 (2018): Juni

A Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum di Indonesia

Aset Sugiana (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Organisasi kurikulum merupakan alat mempermudah untuk mencapai keberhasilan siswa dalam mempelajari bahan pelajaran secara efektif. Kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas tanpa kurikulum yang jelas akan menyebabkan siswa kurang mengerti pelajaran yang disampaikan. Mengorganisasi kurikulum berarti memilih tujuan-tujuan yang jelas dan objektif serta sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Ada banyak unsur yang terdapat dalam organisasi kurikulum yang bisa menjadi acuan, yaitu: (1) Konsep, (2) Generalisasi, (3) Keterampilan, dan (4) Nilai-nilai. Ada beberapa kriteria dalam merumuskan organisasi kurikulum yang efektif, yaitu: (1) Ruang lingkup bahan (scope), (2) Urutan (sequance), dan (3) Penempatan bahan (grade placement).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

elhikmah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

el-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam (e-ISSN 2527-4651, p-ISSN 2086-3594) adalah jurnal ilmiah peer-review dan open access yang dikelola dan diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN ) Mataram. Jurnal ini terbit ...