Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Dinamika Sains

PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Maria Waldetrudis Lidi (Universitas Flores)
Maimunah H. Daud (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2018

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian dengan judul penggunaan lembarkegiatan siswa inkuiri terbimbing dengan pendekatan lingkungan untukmeningkatkan pemahaman siswa. Adapun rumusan masalah dalampenelitian ini adalah apakah ada peningkatan pemahaman siswa tentangklasifikasi hewan setelah menggunakan LKS inkuri terbimbing denganpendekatan lingkungan? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalahuntuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi klasifikasihewan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dandilaksanakan di Siswa kelas 7 SMPK Yos Sudarso pada bulan Agustustahun 2018. Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian onegroup pre test-post test design. Teknik pengumpulan data menggunakanteknik tes sedangkan analisis data menggunakan penentuan skor sesuairubrik dan gain score. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwaterdapat peningkatan pemahaman siswa terkait materi yang terlihatmelalui peningkatan nilai dari pre test ke post test. Diperkuat dengannilai gain score 0.77 kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwapenggunaan lembar kegiatan siswa inkuiri terbimbing denganpendekatan lingkungan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 7SMPK. Yos Sudarso pada materi klasifikasi hewan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...