Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 3 No. 2 (2019): OPTIKA

ANALISIS KESULITAN BAGI GURU IPA UNTUK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Maimunah Haji Daud (Universitas Flores)
Melkyanus Bili Umbu Kaleka (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) permasalahan apakah yang dialami guru IPA dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas?. (2) upaya apakah yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kesulitan guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas?. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru yang tergabung dalam Musyawara Guru Mata Pelajaran IPA tingkat SMP/MTs Rayon 2 Kabupaten Ende yang berjumlah 20 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan meliputi; pengumpuan data, reduksi data, analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor permasalah guru kesulitan dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah Guru kesulitan dalam membagi waktu mengajar dengan kegiatan melakukan Penelitian Tindakan Kelas, Guru kesulitan dalam menentukan permasalahan yang terjadi dalam kelas untuk dijadikan penelitian, Guru masih kesulitan untuk memulai latar belakang proposal Penelitian Tindakan Kelas yang terstruktur dan sistematis, Guru belum memahami dengan baik siklus-siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas, Guru masih kesulitan memahami metodologi penelitian, serta kurangnya pemahaman akan Penelitian Tindakan Kelas . Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan Penelitian Tindakan Kelas adalah dengan mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, mengikuti seminar serta membentuk kelompok diskusi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...