Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas Negeri I Talibura Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas XII Sekolah Mengeah Atas Negeri I Talibura jurusan Ilmu Pengetahuan Alam yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambbilan sampel dengan teknik sampling sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dokumentasi adalah prestasi belajar peserta didik yaitu nilai ujian tengah semester genap dan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Hasil ini dibuktikan berdasarkan perhitungan nilai F, dimana F hitung lebih besar dari nilai F tabel (32,05 > 4,06).
Copyrights © 2019