Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 12, No 1 (2018)

IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARIES MASTERY IN ASKING AND GIVING OPINION BY USING “FRONTLOADING” STRATEGY: A CASE STUDY OF XI MIPA 4 CLASS OF 11 SENIOR HIGH SCHOOL SEMARANG IN ACADEMIC YEAR 2018/2019

Danang Budi Mulyo Utomo (Universitas PGRI Semarang)
Erna Setyawati (SMA N 11 Semarang)
Maria Yosephine (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Kurangya penguasaan kosakata dalam Bahasa inggris membuat siswa sulit dalam memahami pelajaran Bahasa inggris. Karena itu, peneliti mencoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan strategi “frontloading” untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam kosakata. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk membuktikan dalam penelitian tindakan kelas ini memiliki tujuan untuk melihat perkembangan kosakata siswa selama pelajaran “asking and giving opinion” dengan menggunakan "frontloading" strategi. 2) Untuk mengetahui bahwa strategi “frontloading” dapat mempermudah guru untuk mengajar “asking and giving opinion” di kelas dengan memperkaya kosakata peserta didik. Penelitian ini dilakukan dua kali termasuk, siklus 1, dan siklus 2. Pada siklus 1, peneliti memberikan penjelasan tentang meminta dan memberikan pendapat dan meminta siswa dengan strategi “frontloading” untuk menstimulasi pengetahuan mereka dengan beberapa gambar. Untuk membuktikan hasilnya, peneliti melakukan siklus 2. Pada siklus 2, peneliti menanyakan kepada siswa tentang beberapa video. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dalam mengumpulkan data. Data kualitatif dilakukan dengan mengacu pada hasil observasi dan hasil kuantitatif. Data kuantitatif yang dilakukan dari hasil siswa dalam melakukan tes yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan "frontloading" mempengaruhi strategi respon siswa yang membuat mereka lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...