Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 8, No 1 (2020): VOLUME 8 NOMOR 1 JUNI 2020

PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Nukhbatul Bidayati Haka (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)
Liza Anggita (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)
Bambang Sri Anggoro (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)
Abdul Hamid (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning berbantukan google classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes esai dengan 15 soal dan angket sebanyak 20 pertanyaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling. Uji hipotesis menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran blended learning berbantukan google classroom terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...