Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 2 (2020)

Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan PAIKEM

Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Ririn Imroatun Nafi’ah (SMP Negeri 2 Sugio, Lamongan)
Markub Markub (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan)
Nafiah Nafiah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya,)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Tujuan umum tersebut diperinci ke dalam beberapa tujuan khusus: (1) mendeskripsikan aktivitas guru, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa, (3) mendeskripsikan respons siswa, dan (4) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) respons siswa, dan (4) kompetensi siswa  dalam pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Data tersebut bersumber dari guru dan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sugio, Lamongan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan angket dengan instrumen lembar observasi guru dan siswa, angket, dan soal tes hasil belajar. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM dapat menjadikan siswa memiliki keterampilan menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara dengan kualifikasi baik. Simpulan ini dirumuskan berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas guru, aktivitas siswa, respons siswa, dan kompetensi siswa yang semuanya mencapai persentase 81% ke atas.

Copyrights © 2020