JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah Ramah Anak dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Kelas Tinggi SD Negeri 5 Metro Barat

Sopiah Sopiah (FKIP Unila)
Sowiyah Sowiyah (FKIP Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Abstrak: Hubungan Kelengkapan Fasilitas Sekolah Ramah Anak dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Kelas Tinggi  SD Negeri 5 Metro Barat Masalah Penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan kelengkapan fasilitas sekolah ramah anak dan minat belajar dengan hasil belajar kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 70 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Alat pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan kelengkapan fasilitas sekolah ramah anak dengan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kelas tinggi SD Negeri 5 Metro Barat dengan ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,624 berada pada taraf tinggi.Kata kunci: fasilitas sekolah ramah anak, hasil belajar, dan minat belajar DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp.v8.i2.202004

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...