PENDIPA Journal of Science Education
Vol 4, No 2 (2020): MARCH - JUNE

Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Poe Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis

Okta Briyanti Mila Sari (Universitas Bengkulu)
Eko Risdianto (Universitas Bengkulu)
Sutarno Sutarno (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar Pada Konsep Fluida Statis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dan studi literatur yang nantinya bisa menjadi dasar dalam penelitian pengembangan selanjutnya. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data menggunakan statistik deskripsi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa saat ini siswa membutuhkan LKPD berbasis Predict-Observe-Explain berbantuan Augmented Reality. Hal ini di dasarkan data yang diperoleh bahwa 71,43 % siswa menjawab Setuju diperlukannya pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain Berbantuan Augmented Reality perlu dikembangkan untuk memberikan alternatif perangkat pembelajaran yang diberikan sebelumnya dan untuk melihat kefektifan perangkat pembelajaran tersebut jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis POE berbantuan Augmented Reality ini nantinya penting dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...