Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan model embelajaran Inkuiri Terstruktur pada materi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru biologi dan peserta didik kelas VIIBMTsN 02 Kepahiang tahun ajaran 2018/2019. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur dan hasil belajar kognitif dan psikomotor. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan data hasil observasi dan tes. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memiliki persentase 72.2% (belum tuntas) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83.3% (tuntas). Hasil belajar psikomotor peserta didik siklus I memiliki persentase 67% (belum tuntas) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,3% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang. Kata kunci : hasil belajar kognitif, hasil belajr psikomotorik, model pembelajaran inkuiri terstruktur
Copyrights © 2020