Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIB MTsN 02 KEPAHIANG

Amini, Amini (Unknown)
Irawati, Sri (Unknown)
Kasrina, Kasrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan model embelajaran Inkuiri Terstruktur pada materi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru biologi dan peserta didik kelas VIIBMTsN 02 Kepahiang tahun ajaran 2018/2019. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur dan hasil belajar kognitif dan psikomotor. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan data hasil observasi dan tes. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memiliki persentase 72.2% (belum tuntas) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83.3% (tuntas). Hasil belajar psikomotor peserta didik siklus I memiliki persentase 67% (belum tuntas) kemudian  meningkat pada siklus II menjadi 83,3% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang. Kata kunci : hasil belajar kognitif, hasil belajr psikomotorik, model pembelajaran inkuiri terstruktur

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...