JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 5, No 2 (2020): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Lambok Simamora (Universitas Indraprasta PGRI)
Ulfah Hernaeny (Universitas Indraprasta PGRI)
Nuraini Dian Safitri (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa adanya pengaruh  penggunaan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMAN 5 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah dari hasil uji coba essay sebanyak tujuh soal dari lima indikator soal kemampuan pemecahan masalah matematika. Dari perhitungan uji Chi-Kuadrat untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t menunjukkan  > , maka . Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan  model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih tinggi atau tidak sama dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...