COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 3 (2020)

PERAN INTERAKSI ORANGTUA PADA KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR YANG MEMILIKI HAMBATAN ADHD

Tita Rosita (IKIP Siliwangi)
Cece Rakhmat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tjutju Soendari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran interaksi orangtua pada keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar yang memiliki hambatan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Anak-anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) Usia sekolah Dasar sering mengalami masalah dalam interaksi sosial dengan teman sebaya dan dihadapkan dengan penolakan teman sebaya. Pendekatan yang paling umum untuk masalah sosial pada anak-anak adalah pengasuhan orangtuanya di rumah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka  (library research). Berdasarkan hasil studi pustaka diperoleh gambaran bahwa interaksi orangtua yang positif seperti mampu meregulasi emosi dengan baik dalam berinteraksi dengan anaknya yang memiliki hambatan ADHD dapat berdampak secara efektif pada anak dalam mengatur emosinya juga. Sehingga hal ini dapat meminimalisir rasa frustrasi yang menjadi variabel penting yang memprediksi ketidakpatuhan dan agresi anak ADHD pada teman sebaya. Anak juga akan mengembangkan sikap yang menyenangkan terhadap lingkungan sosialnya terutama dengan teman sebaya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...