MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
Vol 4, No 1 (2020)

Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Pokok Bahasan Perpaduan Tradisi Lokal, Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia Kelas XI SMAN 5 Medan

Arfan Diansyah (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 5 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum menggunakan model Examples Non Examples, prestasi belajar siswa masih tergolong rendah, yaitu hanya 20 orang atau 56% yang dapat mencapai ketuntasan belajar sedangkan sisanya yaitu 16 orang atau 44 % belum dapat menguasai materi pembelejaran dengan baik. Setelah dilakukan pembelajaran dengan model Examples Non Examples pada siklus 1, menunjukan skor rata-rata siswa adalah 60,61 dengan 26 (72%) siswa tuntas dan 10 (28%) siswa tidak tuntas. Pada siklus II didapat hasil yang memuaskan yaitu 86% tuntas dengan keaktifitan belajar sejarah yang tinggi. Pada siklus III ketuntasan belajar sejarah siswa mencapai 100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sejarah siswa setelah menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mkd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel dengan tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan, sejarah, dan ilmu-ilmu sosial baik lingkup lokal dan nasional, akademik, maupun lingkup umum. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. ...