Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): November

Metode Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS): Efektifkah Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika?

Leniana Ajul (Universitas Kanjuruhan Malang)
Nurul Ain (Universitas Kanjuruhan Malang)
Muhammad Nur Hudha (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode CLIS dalam meningkatkan KPS dan pemahaman konsep. Efektivitas ditinjau dari adanya perbedaan KPS dan pemahaman konsep fisika dengan menggunakan metode CLIS dan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control grup design. Populasi yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Kepanjen dengan jumlah 11 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII J sebagai kelas kontrol dan kelas VIII K sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik ANOVA dua jalur pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan KPS siswa dengan menggunakan metode CLIS dan konvensional dengan nilai hitung lebih tinggi dari nilai tabel; (2) ada perbedaan pemahaman konsep fisika siswa dengan menggunakan metode CLIS dan konvensional dengan nilai hitung lebih tinggi dari nilai tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CLIS efektif meningkatkan KPS dan pemahaman konsep fisika siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...