Wahana Sekolah Dasar
Vol 25, No 2 (2017)

MODEL PEMBELAJARAN CIRC DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI SISWA KELAS V SD

Setiyaningsih, Ella (Unknown)
Sutansi, Sutansi (Unknown)
Madyono, Suhel (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

enelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi yang telah diaplikasikan dan dikembangkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu, Membaca dan Komposisi (CIRC) pada siswa kelas lima SD Negeri 02 Sidodadi Kabupaten Blitar. Subyek siswa kelas V SDN Sidodadi 02 sebanyak 28 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan siklus I kegiatan guru 87,5% meningkat menjadi 100% siklus II. Siklus kegiatan siswa 73,1% meningkat menjadi 94,6% siklus II. Persentase siklus kelengkapan rata-rata klasik I 64,4% (kurang) meningkat menjadi 92,8% (sangat baik) siklus II.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

wsd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Wahana Sekolah Dasar publishes articles on research, studies and application of theories, practical writing, and conceptual ideas related to Primary Education which includes, but is not limited to : Development of Educational Technology in Primary Education Effective Teaching Strategies in Primary ...