Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 5 (2015): Mei 2015

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DENGAN WAWANCARA KLINIS PADA PEMECAHAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL KELAS VIII SMP

Fitri, Nur (Unknown)
Hudiono, Bambang (Unknown)
Ahmad, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa dengan wawancara klinis pada pemecahan masalah Aritmetika Sosial di kelas VIII MTs N 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 24 orang siswa pada kelas VIII E yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok.  Sebelum diberikan wawancara klinis, kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah aritmetika sosial masih rendah yakni 53,57%. Setelah diberikan wawancara klinis, kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah aritmetika sosial meningkat menjadi 63,32%. Hal ini menunjukkan bahwa wawancara klinis dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada pemecahan masalah aritmetika sosial. Kata kunci : kemampuan penalaran, wawancara klinis. Abstrak: This research aims to increase the reasoning capability of student through clinical interview on problem solving social arithmatic in class VIII E MTs N 2 Pontianak. The method used in this reaserch is descriptive and research design is case study. The subject in this reaserch is 24 students in class VIII E that divided to three groups. Before doing clinical interview, the reasoning capability of student on problem solving social arithmatic is low, about 53,57%. After doing clinical interview, the reasoning capability on problem solving of social arithmatic increase to 63,32%. This research show that clinical interview can increase the reasoning capability of student on problem solving social arithmatic.   Key words : reasoning capability, clinical interview

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...