Abstrak: Masalah dalam penelitian ini apakah melalui pembiasaan dapat meningkatkan kemampuan membaca doa dalam kegiatan sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dalam 3 kali pertemuan, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian mengunakan teknik komunikasi langsung, observasi langsung dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak membaca doa dalam kegiatan sehari-hari mengalami peningkatan yang sangat baik setelah diberikan tindakan berupa penerapan melalui pembiasaan sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca doa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan ialah:  Diharapkan dapat menambah sikap yang benar dalam berdoa pada anak usia 5-6 tahun, pemberian motivasi yang tepat pada anak dapat meningkatkan hasil belajar anak dalam membaca doa dan menumbuhkan rasa percaya diri yang positif, guru dapat mengadakan pendekatan kepada anak secara individu yang kurang agar kemampuan membaca doa anak semakin meningkat. Kata Kunci : Membaca, doa, pembiasaan Abstract : The problem in this research is through habituation can improve the reading skills of prayer in daily activities in children aged 5-6 years . This research is conducted as a class action 2 cycles in 3 sessions , each cycle including planning, execution , observation , and reflection . Data collection techniques in the study using the technique of direct communication , direct observation and documentation . The results showed that children's ability to read a prayer in daily activities has increased very well after a given action through the application of habituation as an effort to improve the ability to read the prayer . Based on these results , the advice given is : Expected to add the right attitude in prayer in children aged 5-6 years , the provision of proper motivation in children can improve children's learning outcomes in reading prayers and foster positive self-esteem , teachers can approached the individual child who is less so the ability to read the prayer kid increase.   Key Words : Reading,  prayer , habituation
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014