Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan problem based learning (PBL) dan pembelajaran langsung, (2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik dikaji dari motivasi belajar, (3) Interksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar, (4) Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan factorial design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Pontianak dengan sampel penelitian yaitu VIIIF dan VIIIC. Analisis yang digunakan adalah anava dua jalan. Hasil analisis  menunjukan: (1) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pengajaran dengan model PBL lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajran Langsung; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar; (4) Pengguruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik tergolong tinggi dengan nilai effect size 0,837.   Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah matematik, motivasi belajar matematika Abstract: This research have purpose to know and analysis about (1) differences the ability of students to solve the problem of mathematic use Problem based learning  (PBL) and direct instruction, (2) Differences the ability of students to solve the problem of math looked from student motivation in math, (3) The interaction between learning method and learning motivation, (4) the influence of learning process by using PBL.  The method used in this research is experimental with factorial design. The population in this research are students in grade VIII MPN 7 Pontianak. The sample is students in grade VIIIF and VIIIC. The analysis used two way anova. The result shows: (1) the ability of students to solve the math problem with PBL model is high rather than students studying by used direct instruction; (2) The ability of students to solve the problem with high motivation is good rather than students with low motivation; (3) there are interaction between learning method and learning motivation; (4) The influence of PBL model to solve problem mathematics is high with score effect size 0,837. Key words: Problem Based Learning, Mathematics Problem Solving, Student Motivation in Math
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016