Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan jembatan keledai (Ezel Bruggece) berbantuan peta konsep pada sub pokok materi klasifikasi animalia.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Teluk Keramat dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes, tes siklus I dan siklus II berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran terlaksana sesuai dengan rencana, pada siklus I diperoleh 90,91% dan pada siklus II sebesar 100%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,80 dengan ketuntasan belajar siswa 64,86%, dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,60 dan ketuntasan belajar siswa 89,19%. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan jembatan keledai (Ezzel Bruggece) berbantuan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi animalia.  Kata kunci : peta konsep, materi klasifikasi animalia   Abstract: The purpose of this research was to determine the implementation Abstract: Process of learning and improve student learning outcomes using mnemonics (Ezel Bruggece) aided concept maps on the subject sub classification animalia. The research was conducted in SMP 6 Teluk Keramat with research subjects are students of class VII B consist of 37. This research is a Class Action Research with 2 cycles. Each cycle consists of four stages, that is planning, implementation, observation, and reflection. The research instrument are sheets of observation and tests, test cycle I and cycle II consist of 15 multiple choice questions. The results showed that the implementation of learning accomplished in accordance with the plan, in the first cycle obtained 90.91% and in the second cycle is 100%. Student learning outcomes in the first cycle the average values ​​obtained 74.80 with student learning completeness is 64.86%, and increased in the second cycle with an average value is 78.60 and 89.19% of students learning completeness. Thus indicating that the application of mnemonics (Ezzel Bruggece) aided concept maps can enhance student learning outcomes in the material classification animalia. Keywords: concept maps, material classification animalia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015