Abstrak: Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan kognitif dapat meningkat melalui kegiatan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Anak Soleh Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi?â€. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kemapuan kognitif melalui kegiatan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun. Objek penelitian adalah anak yang berjumlah 20 anak. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, dan analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun dapat dikategorikan “baikâ€, 2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan mengenal warna pada anak usia 4-5 dapat dikategorikan “baikâ€, c) Peningkatan kemampuan kognitif dapat dikategorikan “berkembang sesuai harapan†dengan kegiatan antara lain: anak meyebutkan nama-nama warna pada media pembelajaran, anak mengelompokkan warna media sesuai dengan warnanya, anak menunjukkan warna sesuai instruksi guru. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Taman Kanak-kanak Abstract: A common problem in this research is "Is cognitive ability can be increased through activities recognize colors in children aged 4-5 years in Kindergarten Children Salah District of Nanga Pinoh Melawi?". This research is a form of action research with descriptive method. Subjects were children, amounting to 20 children. Data collection techniques and tools used in this study were interviews, observation and documentation, and analysis used in this research is to use a percentage formula. Based on the research that has been carried out and through the results obtained after the analysis of the data held that: 1) Planning learning in improving cognitive ability through activities recognize colors in children aged 4-5 years can be categorized as "good", 2) Implementation of learning in improving cognitive abilities through activities recognize colors in children aged 4-5 can be categorized as "good", c) Increased cognitive abilities can be categorized as "developing as expected" with activities including: children meyebutkan color names on instructional media, media color grouping children according to the color , children show color as instructed teachers. Keywords: Cognitive Ability, kindergarten Â
Copyrights © 2015