Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah
Vol 2 No 1 (2017): Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah

Strategi KBIH At-Taqwa dalam Meningkatkan Pelayanan terhadap Calon Jamaah Haji

Heni Suhaini (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Ahmad Sarbini (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Asep Iwan Setiawan (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2017

Abstract

Peneliti ini bertujuan sebagai proses penerapan untuk menyusun suatu rencana,mengimplementasikan program-program, dan menkoordinasikan aktivitas-aktivitas pelayanan demi berjalannya suatu tujuan agar tercapai dengan baik dalam suatu pelayanan. Pertanyaan peneliti untuk mengetahui perencanaan KBIH At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji. untuk mengetahui pelaksanaan program yang di berikan KBIH At-Taqwa terhadap calon jamaah haji. untuk mengetahui hasil program KBIH At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode desdkriptif dengan pendekatan kualitatif adapun. Teknik pengumpulan data yaitu observasi: wawancara, dan dokumentasi. KBIH At-Taqwa dalam meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji Pelayanan ketika pendaftaran sampai mendapat tahun pemberangkatan, Pelayanan proses pelaksanaan ibadah haji dan umrah, Pelayanan pasca haji/kafillah (ikatan alumni). Pelaksanaan program yang sudah ditetapkan oleh KBIH At-Taqwa sesuai kebutuhan dan dengan adanya programyang telah diberikan terhadap calon jamaah haji terutama bagi yang melaksanakan pertama kali. Hasil program KBIH dalam pelaksanaan program KBIH At-Taqwa terutama dalam pembimbingan terhadap calon jamaah haji dan keluhan-keluahan kepada KBIH At-Taqwa, maka akan menghasilkan KBIH yang lebih baik lagi. Keberhasilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) At-Taqwa dapat dilihat dari aspek kepuasan jamaah haji yaitu dari segi kualitas pelayanan KBIH At-Taqwa. The researcher aims as an implementation process to develop a plan, implement programs, and coordinate service activities for the purpose of running a goal to achieve well in a service. The researcher's question is to know the planning of KBIH At-Taqwa in improving the service for candidates of Hajj pilgrimage, to know the implementation of the program provided by KBIH At-Taqwa for candidates of Hajj pilgrimage, to find out the results of KBIH At-Taqwa program in improving services for the candidates of Hajj pilgrimage. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. Then, data collection techniques are observation: interview, and documentation. KBIH At-Taqwa in improving service for the candidates of Hajj pilgrimage when registering until getting schedule of departure, Service process of Hajj and Umrah implementation, Post-Hajj Service / Kafillah (Alumni Association). Implementation of programs that have been determined by KBIH At-Taqwa as needed and with the program that has been given for the candidates of Hajj pilgrimage especially of them who do it for the first time . The result of KBIH program in the implementation of KBIH At-Taqwa program especially in guidance to hajj pilgrims and complaints to KBIH At-Taqwa, will produce better KBIH. The success of the Hajj Guidance Group (KBIH) At-Taqwa can be seen from the aspect of the Hajj pilgrims satisfaction in terms of quality service KBIH At-Taqwa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tadbir

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Manajemen ...