Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kanigoro

Devi Vitriana Purwanto (State University of Surabaya)
Harmanto Harmanto (Universitas Negeri Surabaya)
Ismet Basuki (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran ARIAS dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Penelitian quasi eksperiment ini menggunakan rancangan faktorial 2x2nonequivalent control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan angket motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ARIAS dibanding siswa dengan model direct instruction pada mata pelajaran IPS; (2) ada perbedaan hasil belajar antara siswamotivasi berprestasi tinggi dengan siswa motivasi berprestasi rendah; (3) terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...