Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING BY USING COMBINATION OF SELF QUESTIONING STRATEGY AND NOTE TAKING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Febrianti, Ria (Unknown)
Siska, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

ABSTRAK Dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris diperlukan adanya suatu teknik pengajaran yang tepat dan efektif. Pengajaran yang tepat dan efektif sangat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar. Namun, tingkat pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris tidak hanya dapat ditingkatkan melalui teknik pelajaran tapi juga diperlukan suatu strategi yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa untuk memahami teks yang dibaca. Dengan menggunakan Self Question Strategy and Note Taking Strategy dalam mengevaluasi kemampuan siswa, guru dapat mengetahui tingkat kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran atau teks yang telah diberikan.Dalam strategi ini guru menggunakan Self Question strategy yaitu dengan memberikan sebuah teks narrative kepada siswa kemudian guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan sendiri berdasarkan teks yang diberikan sebelumnya, dari pertanyaan yang dibuat oleh siswa tersebut guru menggunakan Note Taking Strategy yaitu meminta siswa memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya dalam sebuah grafik, kotak, dan  lain-lain. Kombinasi strategi ini tidak hanya membantu guru dalam mengetahui kemampuan siswa tapi juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu bacaan. Makalah ini diharapkan mampu memberikan masukan yang efektif bagi guru, khususnya Bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh siswa dan tingkat pemahaman siswa dalam memahami suatu teks yang diberikan.

Copyrights © 2013