ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi Mystery terhadap hasil menulis siswa dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya writing. Penelitian ini menggunakan metode experimental yang memiliki satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Perlakuan berbeda diberikan pada kelas eksperimen dan control yaitu sebanyak enam belas kali. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu 195 siswa yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Instrumen dari penelitian ini adalah writing test berbentuk narrative and descriptive texts. Berdasarkan hasil analisis tes, didapatkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen (X6) 76,56 dan varians 12,87 sedangkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen (X2) 63,8 dan varians 58,08. Pengujian hipotesis dari penelitian ini dilakukan dengan uji distribusi t, setelah dilakukan pengujian diperoleh tcalculated(3.6) lebih besar dari ttable(2,00) dengan nilai signifikansi 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari strategi Mystery dalam meningkatkan hasil menulis siswa  pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Raya Tahun Ajaran 2012/2013. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013