Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF IT SAYS I SAY AND SO STRATEGY TOWARDS STUDENTS’ READING COMPREHENSION (A study at Eighth Grade Students of SMP Negeri 2 Panti, Pasaman)

Iqbal, Muhammad (Unknown)
Perpisa, Lili (Unknown)
Agusni, Agusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi It Says, I Say and So dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan dua kualifikasi, yaitu  kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan oleh peneliti dengan menggunakan strategi It says, I say and So dan kelas kontrol menggunakan strategi Question Answer Relationship. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Panti  tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 112 orang yang terdiri dari 4 kelas yaitu VIII 1, VIII 2, VIII 3and VIII 4. Kelas sampel ditentukan dengan uji homogeneitas dan normalitas. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII 3, dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative and recount text. Hasil analisis pada penelitian ini diklasifikasikan dalam  narrative  and recount text. Berdasarkan hasil analisis tes, didapat rata-rata hasil tes pada kelas eksperimen 30,57 dan varian 11,81. Sedangkan rata-rata kelas kontrol 27,57 dan varian 7,22. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji T, setelah dilakukan pengujian diperoleh t-hitung 4,05 lebih besar dari t-tabel 2,02 dengan derajat kebebasan 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa strategi It says, I say and So dapat memberikan efek yang baik terhadap hasil Bahasa Inggris khususnya dalam reading (membaca) pada siswa kelas VIII SMPN 2 Panti. 

Copyrights © 2013