ABSTRAK Dalam  jurnal  ini  penulis  membahas  bagaimana  pengajaran  reading  (membaca) merupakan salah satu skill penting dalam bahasa inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswanya. Sejalan dengan pentingnya pengajaran reading maka, seorang guru harus kreatif dan inovatif untuk membuat pembelajaran reading menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik  dan cocok dengan pembelajaran reading. Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya. Penulisan jurnal ini bertujuan untuk membantu guru dalam menemukan strategi yang cocok untuk pembelajaran reading. Dalam jurnal ini penulis membahas mengenai penggabungan dua strategy yakni Double-Entry Journal dan Save The Last Word For Me. Double-Entry Journal dan Save the Last Word for Me adalah suatu strategy yang membantu siswa untuk lebih faham dengan teks yang dibaca dengan menggunakan kertas kecil (Note Taking) yg terdiri dari dua kolom untuk menjadikan siswa lebih kritis dalam mengomentari poin-poin penting didalam teks tersebut. Strategi pembelajaran ini tidak hanya mampu membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk pelajaran reading, tetapi siswa juga mampu untuk lebih memahami isi dari cerita sebuah teks, sekaligus  siswa mampu  memahami  struktur  umum  (generic structure) dari  text  tersebut. Dengan demikian, pembelajaran reading bukan merupakan suatu pembelajaran yang membosankan lagi bagi siswa.Â
Copyrights © 2013