ABSTRAK Penelitian  ini  bertujuan untuk melihat  pengaruh dari  penggunaan  THINK  WHILE  AFTER Strategi     sebagai  strategi  dalam  pengajaran  bahasa  Inggris  khususnya  pemahaman  membaca. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control. Pada kelas eksperimen penelitian dilakukan dengan memberikan  treatment yang menggunakan  THINK WHILE AFTER Strategi. Sedangkan pada kelas control penelitian dilakukan dengan  memberikan treatment yang menggunakan QAR (Question Answer Relationship) Strategi. Populasi penelitian adalah semua kelas delapan SMPN 09 Aur Duri Padang tahun ajaran 2012/2013 yaitu siswa kelas delapan yang berjumlah250 siswa terbagi dalam 7 kelas. Peneliti menentukan sampel berdasarkan uji homogenitas dan normalitas terhadap semua dari populasi, dinyatakan peneliti mendapatkan kelas yang relevan tingkat homogenitasdan  normalitasnya  yaitu  kelas  VIII  2  dan  VIII  4.  Dengan  menggunakan  flipping  coin,  penelitimendapatkan kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 4 sebagai kelas kontrol. Treatment  yang diberikan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebanyak enam kali pertemuan. Materi yang  diberikan berkaitan dengan jenis teks (genres) berdasarkan silabus. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis yang bersifat pilihan ganda yang terdiri dari 12 teks yang berbentuk teks Narrative. Untuk melihat kelayakan soal, peneliti melakukan tes uji coba pada kelas berbeda,  yaitu  kelas VIII  1  dan  selanjutnya  âPre-Testâ  dan  âPost-Testâ  diberikan  kepada  kelas eksperimen dan   kelas   kontrol.  Hasil   analisis   data  yang   menggunakan   rumus dari  Sudjana menunjukkan  bahwa adanya  peningkatan  nilai setelah perlakuan diberikan dikelas eksperimen yaitu VIII 2.  Dengan  pengujian statistik  didapatkan  bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti ada pengaruh THINK WHILE AFTER Strategi sebagai strategi dalam peningkatan pemahaman siswa dalam membaca. Dimana  perbandingannya T hitung lebih besar dari T table yaitu 2.06 > 1.98. Â
Copyrights © 2013