Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION IN EXPOSITORY TEXT THROUGH SCAN AND RUN STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

RUSNIATI, AMILA NOVI (Unknown)
Asty, Herfina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus di kuasi oleh siswa, dimana mereka harus bisa memahami sebuah teks untuk memperoleh informasi. Di dalam mengajar membaca, masih banyak siswa yang mendapatkan kesulitan untuk memahami teks, khususnya teks ekspositori. Maka dari itu seorang guru harus bisa menerapkan strategi yang cocok untuk digunakan dalam pengajaran membaca. Salah satu strategi yang sesuai di terapkan dalam mengajar membaca teks ekspositori adalah strategi SCAN and RUN (Survey, Capture, Attach, Note and Read, Use, Notice). Penggunaan strategi ini guna mempermudah siswa belajar membaca dan meningkatkan pemahaman siswa didalam membaca serta mengerti makna dari bacaan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMA). Dalam aplikasinya, strategi ini diawali dengan penggunaan petunjuk SCAN yang dilakukan sebelum membaca, Kemudian menggunakan petunjuk RUN yang di terapkan selama membaca. Dengan demikian, diharapkan strategi SCAN and RUN dapat membatu siswa SMA didalam memahami teks bahasa inggris dengan mudah. 

Copyrights © 2013