Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF USING SAY SOMETHING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION A Study at the Eighth Grade Students of Junior High School 11 Padang in the Academic Year 2013/2014

Prihartini, Sri (Unknown)
Perpisa, Lili (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi Say Something dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan  metode eksperimen yang terdiri dari dua klasifikasi grup; kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peneliti memberikan perlakuan dengan strategi Say Something dan pada kelas kontrol dengan strategi Questioning. Populasi dari penelitian ini adalah  siswa kelas VIII SMP N 11 Padang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 211 siswa yang  terbagi kedalam  tujuh kelas  yaitu VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D, VIII E, VIII F dan VIII G. Peneliti  menentukan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara menggunakan flipping koin, hasilnya kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol adalah sebanyak enam kali pertemuan. Materi yang diajarkan berkaitan dengan jenis teks monolog yang berdasarkan silabus. Instrument yang digunakan adalah tes yang berupa pilihan. Untuk melihat kelayakan soal, peneliti melakukan tes uji coba dikelas berbeda, sehingga soal bisa digunakan untuk pretest dan posttest. Kemudian pretest diberikan dikelas eksperimen dan kontrol, setelah itu kedua kelas diberikan treatment yang berbeda dan akhirnya di berikan posttest. Pretest  dan posttest diberikan untuk melihat apakah siswa mengalami peningkatan dalam pemahaman teks sebelum dan setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini akhirnya menunjukkan bahwa strategi Say Something  memberikan efek yang positive terhadap pembelajaran reading khususnya bagi siswa kelas VIII C SMP N 11 Padang. Hal ini ditunjukkan oleh tingginya nilai rata-rata kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa penelitian ini diterima. 

Copyrights © 2013