Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
Vol 5, No 2 (2016)

PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM BERBASIS ALAM UNTUK PAUD DI DAERAH PESISIR

Enda Puspitasari (Unknown)
Febrialismanto ' (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2017

Abstract

Propinsi Riau memiliki wilayah yang memiliki ciri khas yang bervariasi. Daerah pesisir di PropinsiRiau tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan wilayah daratan, mulai dari kehidupansehari-hari, mata pencaharian, dan juga cara bermain anak pesisir berbeda dengan anak di daerahdaratan. Selain itu untuk daerah pesisir lebih rawan terhadap bencana alam, hal ini tentunya harusdiantisipasi dengan memberikan pengetahuan tentang bencana pada anak, tetapi kenyataan hal-hal seperti ini belum ada pada kurikulum mereka. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 78orang pendidik PAUD Perwakilan dari masing-masing kecamatan, dengan teknik random sampling.Adapun data diperoleh dengan membuat daftar pertanyaan terbuka. Dari analisa data yang dilakukan72,55% struktur tanah di kabupaten Indragiri Hilir berlahan gambut atau rawa. 81,81% strukturbangunan berupa rumah panggung, sehingga sering terjadi banjir pasang surut. Dilihat dari sosialbudaya sebagian besar penduduk bersuku banjar yaitu sebanyak 23,94% dan bermata pencahariansebagai petani 24,14%. Sedangkan karakteristik anak dikabupaten ini kerkulit sawo matang, denganberat badan normal, angka partisipasi PAUD yaitu 72,50 %. pemahaman pendidik tentang kurikulummasih rendah yaitu masih ada 60,37% yang belum memahami tentang kurikulum.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPSBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Educhild Journal accepts articles about the following studies: 1. Social science education 2. Mathematics education in 3. Language education 4. Science education 5. Arts and culture education 6. Citizenship education 7. Religious education 8. Sports education 9. Learning and teaching 10. ...