AbstrakMembaca (reading) adalah aktivitas yang dilakukan untuk memahami isi teks dan informasi-informasi yang terdapat di dalam teks tersebut. Oleh karena itu, siswa seharusnya memiliki kemampuan dalam membaca agar mereka memahami materi yang diajarkan oleh guru. Namun, para siswa masih memiliki kesulitan khususnya dalam reading.Kesulitan itu diantaranya adalah dalam menemukan topic,pokok dan informasi tertentu. Oleh karena itu, guru harus bisa menemukan strategi yang menarik dalam proses belajar mengajar sehingga membuat para siswa senang dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan mampu dalam melakukan aktivitas reading.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggunakan dua strategi yaitu partner prediction dan spotlight. Partner prediction adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan reading. Strategi ini merupakan strategi yang tepat untuk membantu para siswa melakukan prediksi tentang informasi di dalam teks. Hal ini membantu meningkatkan daya berfikir siswa dalam memahami sebuah teks. Spotlight adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan reading siswa. Dalam penerapan strategi ini, para siswa dibimbing untuk memahami sebuah teks, kemudian guru mengundang seorang siswa untuk berdiri di area spotlight, siswa ini akan menjawab beberapa pertanyaan dari siswa lainnya dan setelah terjadi aktivitas tanya jawab ini, semua siswa akan memutuskan jawaban yang benar dan yang perlu diperbaiki. Dengan begitu, semua siswa dapat memahami isi teks yang telah mereka baca. Maka dapat disimpulkan bahwa penggabungan dua startegi ini dalam pengajaran reading dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sebuah teks dan menambah kemampuan berfikir siswa.
Copyrights © 2013