Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
Vol 16, No 1 (2020): Rausyan Fikr

METODE BUZZ GROUP DISCUSSION DENGAN PERMAINAN ROLET MEMBENTUK KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS

Syifana zahara (universitas muhammadiyah tangerang)
Cut Dhien N (Unknown)
Zaharah Zaharah (Unknown)
M Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

AbstrakMetode buzz group discussion dengan permainan rolet adalah metode pembelajaran diskusi yang dikombinasikan dengan media pembelaran rolet bertujuan untuk melatih siswa dalam berdiskusi, bertukar pendapat dengan teman sekelompoknya, mengemukakan ide-ide terkait materi diskusi dan membuat pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditentukan berdasarkan purposive sampling yaitu berdasarkan pertimbangan tertentu. Kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan metode buzz group discussion dengan permainan rolet dan kelas VIII-1 tidak mendapat perlakuan metode buzz group discussion dengan permainan rolet. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Penelitian menunjukkan bahwa metode buzz group discussion dengan permainan rolet berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII SMP Islam Al-Hikmah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RausyanFikr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan ...