Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING BY COMBINING FRAYER MODEL STRATEGY AND SKETCH TO STRETCH STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Zulfitri, Rahma (Unknown)
Mayuasti, Mayuasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), banyak siswa mengalami masalah dalam memahami sebuah teks. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dasar membaca siswa dan keterbatasan kosa kata yang dimilki oleh siswa. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dengan menggunakan kombinasi dari Frayer Model strategi dan Sketch to Stretch  strategi. Frayer Model strategi adalah salah satu alternatif strategi dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan mengelola sebuah grafik Frayer Model dalam meningkatkan kosa kata siswa. Sedangkan Sketch to Stretch strategi adalah salah satu strategi yang meningkatkan imajinasi siswa dalam menggambarkan informasi yang mereka peroleh dari text. Dalam penerapan strategi ini adalah guru terlebih dahulu untuk memilih teks untuk di analisis dan meminta siswa untuk melengkapi grafik Frayer Model. Setelah itu, guru meminta siswa untuk menggambarkan pemahaman mereka tentang teks dalam bentuk visual. Kemudian guru membimbing siswa dalam diskusi untuk menyempurnakan hasil kerja mereka. 

Copyrights © 2013