ABSTRAKÂ Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan antara Anticipation Guide strategy dengan Know-Want-Learn (KWL) strategy dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan metode experimental yang membandingkan dua variabel bebas serta menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu 248 siswa yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Sementara itu, kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas dan normalitas serta nilai rata-rata. Instrumen dari penelitian ini adalah reading test berbentuk narrative and recount texts.Berdasarkan hasil analisis tes, didapatkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen pertama (VIII.3) 66,6dan varians 97,15, sedangkan rata-rata dari hasil tes pada kelas eksperimen kedua (VIII.1) 63,8dan varians 118,47. Pengujian hipotesis dari penelitian ini dilakukan dengan uji distribusi F, setelah dilakukan pengujian diperoleh Fcalculated(1,23) lebih kecil dari Ftable(1,82) dengan nilai signifikansi 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini ditolak, sehingga disimpulkan bahwa keefektifan Anticipation Guide strategy dengan Know-Want-Learn (KWL) strategy adalah sama terhadap hasil belajar bahasa Inggris khususnya reading pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang Tahun Ajaran 2012/2013.
Copyrights © 2013