ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan untuk membahas strategi Word Splash dengan Save the Last Word for Me dalam pengajaran membaca pada teks naratif untuk siswa sekolah menengah pertama. Berdasarkan pengalaman penulis, ditemukan beberapa masalah yang dihadapi siswa dalam pelajaran membaca seperti: pertama, ketika membaca siswa tidak menggunakan latar belakang pengetahuan dan pengalamannya. Kedua, ketika membaca mereka kekurangan kosa kata dan tata bahasa. Ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan aplikasi dari strategi dalam memahami sebuah teks naratif dan juga masukan bagi guru dalam merencanakan pembelajaran membaca (reading) agar siswa tertarik dalam mempelajari bahasa Inggris.Aplikasinya diawali dengan pembagian kelompok oleh guru. Kemudian guru memberikan ilustrasi kepada siswa berupa gambar yang bertujuan untuk menggali pengetahuan siswa tentang bacaan yang akan diberikan. Setelah itu, guru memberikan kata-kata yang dianggap penting dalam teks dan menyuruh siswa menghubungkannya untuk memprediksi isi teks. Selanjutnya, guru memberikan teks yang utuh. Kemudian siswa mengkonfirmasi prediksi mereka dengan teks yang sebenarnya. Lalu, siswa disuruh membuat sebuah pernyataan dari teks yang mereka anggap penting atau membingungkan di dalam sebuah indeks card. Mereka juga harus menulis reaksi terhadap pernyataan tersebut dibagian belakang indeks card. Terakhir, siswa akan saling berbagi tentang pernyataan dan reaksi setiap group. Hal ini diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca (Reading) pada teks naratif untuk siswa sekolah menengah pertama. Â
Copyrights © 2013