Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECT OF USING FACT QUESTION RESPONSE (FQR) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION A Study at Tenth Grade of SMA N 1 Pulau Punjung 20012/2013 Academic Year

Sari, Dian Nofita (Unknown)
Perpisa, Lili (Unknown)
Sevrika, Hevriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi Fact Question Response dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya reading. Penelitian ini menggunakan  metode eksperimen yang terdiri dari dua klasifikasi grup; kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peneliti memberikan perlakuan dengan strategi Fact Question Response dan pada kelas kontrol dengan strategi Questioning. Populasi dari penelitian ini adalah  siswa kelas X SMA N 1 Pulau Punjung tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 179 siswa yang  terbagi kedalam  enam kelas  yaitu X1, X2, X3, X4, X5, X6. Peneliti  menentukan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara menentukan normality dan homogenity tiap kelas, setelah itu menggunakan flipping koin, hasilnya kelas X2 sebagai kelas eksperimen, X4 sebagai kelas kontrol dan X1 sebagai kelas uji coba. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol adalah sebanyak delapan kali pertemuan. Materi yang diajarkan berkaitan dengan jenis teks monolog yang berdasarkan silabus. Instrument yang digunakan adalah tes yang berupa pilihan ganda. Untuk melihat kelayakan soal, peneliti melakukan tes uji coba dikelas berbeda, sehingga soal bisa digunakan untuk posttest. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini akhirnya menunjukkan bahwa strategi Fact Question Response memberikan efek yang signifikan terhadap pembelajaran reading khususnya bagi siswa kelas X2 SMA N 1 Pulau Punjung. Hal ini ditunjukkan oleh tingginya nilai rata-rata kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa penelitian ini diterima. 

Copyrights © 2013