ABSTRAK Dalam artikel ini penulis menjelaskan kombinasi strategi dalam pembelajaran Bahasa Inggris yaitu Plus Minus Interesting (PMI) dan Anticipation Guide. PMI adalah strategi yang di desain untuk meningkatkan pemikiran kritis siswa dalm memahami sebuah teks. Melalui strategi ini siswa diarahkan untuk bisa melihat permasalahn dari sudut pandang yang berbeda. Strategi ini sangat efektif untuk meningkatkan pemikiran kritis siswa dalam memahami sebuah teks recount. Anticipation  guide  adalah  sebuah  strategi  yang digunakan  untuk  membuat prediksi tentang teks sebelum membaca teks tersebut secara keseluruhan. Pengaplikasian dari kombinasi strategi ini dimulai dengan memberikan sebuah teks kepada siswa kemudian siswa membuat beberapa pernyataan dari teks yang dibaca. Setelah itu, siswa membuat tiga kolom dengan memberi label P,M dan I kemudian masing-masing pernyataan dimasukkan ke dalam kolom berdasarkan labelnya. Dengan begitu setiap siswa akan menemukan informasi yang berbeda dari sebuah teks bacaan. Kombinasi kedua strategi ini sangat efektif dalam pengajaran membaca terutama dalam memahami teks recount karena strategi ini dapat meningkatkan pemikiran kritis siswa dalam memahami sebuah teks.  Â
Copyrights © 2013