Masalah prioritas yang akan diselesaikan dilihat dari dua aspek kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) Manajemen bahan praktikum pembelajaran dan (2) Penguasaan dan penerapan materi pembelajaran keterampilan kerajinan. Pemecahan masalah dilaksanakan dengan pendekatan: (1) Rancangbangun model dan media presentasi, (2) penyuluhan, dan (3) pelatihan. Target luaran dan hasil kegiatan adalah: (1) minimal 80% materi (a) manajemen bahan dikuasai peserta, hasil akhir sebanyak 81,12% materi dikuasai peserta, (b) pembelajaran keterampilan kerajinan dikuasai peserta, hasil akhir sebanyak 82,88% materi dikuasai peserta. (2) Telah dihasilkan produk berupa: (a) model karya montase, kolase, dan mozaik dan media presentasi, (b) identifikasi bahan praktikum dari barang bekas yang ada di sekitar murid, (c) karya montase, kolase, dan mozaik dari barang bekas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018