Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING LISTENING IN NARRATIVE TEXT BY USING BREAKING UP THE TEXT STRATEGY TO THE SEVENTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

ZULDAWATI, WINDA (Unknown)
Mayuasti, Mayuasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Listening adalah sebuah proses pemahaman dari apa yang didengar yang dapat berupa percakapan, nyanyian, kata-kata, ungkapan, dan teks bacaan. Listening juga merupakan faktor yang terpenting untuk menciptakan komunikasi yang baik karena dengan listening, seseorang dapat mendengar apa yang diucapkan oleh orang lain dan meresponnya. Dalam prosess belajar mengajar, listening membantu siswa mendengar dan memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Untuk meningkatkan kemampuan listening siswa, guru dapat menggunakan “Breaking up strategy dalam pengajaran listening”. Breaking Up adalah strategy dalam memahami teks bacaan yang didengar dengan membagi text tersebut kedalam beberapa bagian dalam susunan yang benar. Setelah itu, guru membaca masing-masing pecahan text tersebut secara bergantian dengan  menggunakan intonasi dan tekanan yang benar agar siswa dapat memahami apa yang dibacakan oleh guru tersebut dengan baik. Jadi, ketika membaca keseluruhan isi text tersebut, siswa dapat memahami makna dari text tersebut.Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa breaking up strategy adalah suatu strategy untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan pemahamannya ketika mendengar sebuah percakapan, nyanyian, kata-kata, ungkapan, dan teks bacaan dan juga untuk membantu siswa memahami maksud dari apa yang didengarnya.

Copyrights © 2013