Niagawan
Vol 9, No 2 (2020): NIAGAWAN VOL 9 NO 2 JULI 2020

IMPLEMENTASI SERVANT LEADERSHIP SERTA DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP KERJA KARYAWAN

Tri Wulida Afrianty (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya)
Arina Kusumaningtias (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya)
M. Cahyo Widyo Sulistyo (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2020

Abstract

Meskipun penelitian tentang topik kepemimpinan telah banyak dilakukan, namun penelitian serta publikasi yang sistematis tentang servant leadership (kepemimpinan melayani) di Indonesia masih terbatas. Oleh karena itu, dengan menggunakan Social Exchange Theory (Teori Pertukaran Sosial), penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership dan peran mediasi kepuasan kerja terhadap employee engagement (keterikatan karyawan) di PT. ASABRI (Persero), Indonesia. Analisis hierarchichal regression (regresi hirarkikal) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) servant leadership memiliki pengaruh yang signifikan terhadap employee engagement, 2) servant leadership memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja 3) kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap employee engagement 4) kepuasan kerja terbukti memiliki peran mediasi pada pengaruh servant leadership terhadap employee engagementKata Kunci: Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Employee Engagement, Social Exchange Theory

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

niagawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, ...