G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

PENINGKATAN NILAI EMPATI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PELATIHAN MITIGASI BENCANA BERBASIS MULTISENSORIS DI SDN KARANGANYAR DAN SDN MINGGIRAN YOGYAKARTA

Dea Komalasari, Mahilda (Unknown)
Pamungkas, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Peningkatan nilai empati penting dilakukan untuk mencegah terjadinya dekadensikarakter di masa mendatang, terlebih pada siswa berkebutuhan khusus. Peningkatan nilaiempati untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi dapat dilakukan melaluipelatihan yang bertempat di sekolah. Salah satu pelatihan yang dapat meningkatkan nilaiempati siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi yaitu pelatihan mitigasibencana. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan nilai empati siswa berkebutuhan khusus.Kegiatan dilaksanakan di SDN Karanganyar dan SDN Minggiran Yogyakarta. Rangkaiankegiatan ini dilakukan selama sembilan bulan, yakni Februari sampai Oktober 2018.Metode kegiatan adalah pelatihan dengan ceramah dan simulasi. Hasil evaluasimenunjukkan peningkatan nilai empati siswa berkebutuhan khusus dan peningkatanpengetahuan dan keterampilan guru dan karyawan dalam melakukan pelatihan mitigasibencana berbasis multisensoris. Peningkatan nilai empati siswa sebelum dan setelahpelatihan sebesar 1.7, sedangkan peningkatan skor pengetahuan dan keterampilan gurudan karyawan dalam melakukan mitigasi bencana sebelum dan setelah pelatihan sebesar3.04.Kata kunci: empati, mitigasi bencana, multisensoris, ABK

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...