AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain factorial design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 30 Bulukumba yang berjumlah 87 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan angket kebiasaan belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik. AbstractThis study aimed to determine the effect of interaction between contextual approaches to mathematics learning outcomes in terms of learning habits. This type of research was a quasi-experiment with factorial design. The population in this study were all eighth-grade students of SMPN 30 Bulukumba, amounting to 87 people. Sample selection using a simple random sampling technique. The instruments used were mathematics learning achievement tests and student study habits questionnaire. The analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that there was no interaction effect between contextual approaches to mathematics learning outcomes in terms of student learning habits.
Copyrights © 2020