Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 1 No 1 (2019)

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Andi Muhammad Safri Nurhamza (Unknown)
Sri Sulasteri (Unknown)
A. Sriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran VAK mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar yang diajar menggunakan pembelajaran langsung, dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran VAK terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model VAK lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 16 Makassar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...