JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 12, No 1 (2019): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

PENGARUH FASILITAS BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Havid Muhamad (Universitas Sebelas Maret)
Agus Efendi (Universitas Sebelas Maret)
Basori Basori (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2019

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi kita, negara bisa maju karena orang-orangnya berpendidikan. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kualaitas pendidikan itu sendiri. Untuk mengetahui kualitas pendidkan diperlukan suatu hasil atau prestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi adalah fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengambilan sample menggunakan sistem simple random sampling sebanyak 58 orang dari total populasi keseluruhan sebanyak 70 orang pada jenjang pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan quisioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diketahui bahwa kedua variabel yaitu fasilitas belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y) mempunyai pengaruh yang positif, hal ini dibuktikan dengan r = 0,277 dimana pedoman yang digunakan untuk memberikan interpretasi yang dikemukakan oleh Sugiyono berada pada interval 0,20 – 0,399 yang mana termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan oleh penulis yang mana terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan kategori rendah, maka perlu ditingkatkan efektifitas penggunaan fasilitas belajar serta dilakukan penelitian lain tentang faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa selain fasilitas belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...