Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Modul Belajar Bahasa Mandarin di BLK PT Trias Insan Madani

Rizky Fahrenza (UNJ)
Cecep Kustandi (Unknown)
Kunto Imbar Nursetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media cetak berupa Modul Belajar Dasar-Dasar Bahasa Mandarin. Secara umum penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan menghasilkan modul cetak untuk memfasilitasi peserta pelatihan berlatih berbicara bahasa Mandarin dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Pengembangan modul ini mengacu pada model pengembangan produk yaitu Model Rowntree. Model ini membagi tahapan pengembangan dalam tiga tahapan, tahap perencanaan, tahapan persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan melibatkan 2 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 ahli desain pembelajaran. Hasil ujicoba yang didapat secara keseluruhan baik dengan nilai rata-rata 5,72 dari 7. Data dari one-to-one mendapatkan nilai rata-rata 6,44 dari 7. Sedangkan data dari small group mendapatkan nilai rata-rata 6,45 dari 7, artinya modul dapat dinilai sangat baik. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan modul, serta ujicoba yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa modul belajar dasar-dasar bahasa Mandarin memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...