JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 3 No 1 (2019): February Edition

PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BATANGHARI

Nur Melianty S (Universitas Jambi)
Suratno Suratno (Universitas Jambi)
Ali Idrus (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, yang dibagikan pada 49 responden yaitu mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat pengaruh simultan iklan dan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi. Secara parsial iklan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 0.696 yang berarti terdapat pengaruh kuat dan signfikan iklan terhadap perilaku konsumsi, dan kelompok referensi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 0.681yang berarti terdapat pengaruh kuat dan signifikan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...