INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 2, No 2 (2019): Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Agustus 2019)

Pendalaman Emosi Anak Berbantuan Video Cerita dan Kartu Emosi Untuk Mengatasi Masalah Emosional pada Anak

I Kadek Suranata (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Ego Teja Buana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Putu Juliarta (Mahasiswa Prodi PGSD, Undiksha)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Secara garis besar terdapat dua gangguan emosional yang dapat dialami oleh anak yaitu agresi (agresif) dan withdrawal (mengasingkan diri). Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi salah satu gangguan emosional yaitu khususnya agresi dengan pemberian media audio visual (video cerita) dan kartu emosi sebagai treatment. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan metode observasi. Proses penilaian juga dilakukan dengan kegiatan observasi. Dengan diberikan media audio visual (video cerita) buatan penulis yaitu Agus si Pemarah dan Kartu Emosi dapat diketahui ternyata ada perubahan yang terjadi yaitu dari sering marah menjadi kurang sering, dari sulit dalam belajar menjadi tidak terlalu sulit dalam belajar, dan lain sebagainya yang bisa dilihat pada bagian hasil dan pembahasan dibawah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Inopendas merupakan jurnal inovasi pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar yang diharapkan mempublish artikel-artikel hasil penelitian terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memfokuskan pada inovasi pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran tinggi ...